Sunday, November 12, 2017

Bapaknya A. Emaknya B, Kok Anaknya O?

Sumber : Image

Golongan darah bapaknya A, golongan darah emaknya B, tapi kok golongan darah anaknya O?
Eitss tunggu dulu, jangan berpikiran negatif dulu. Perbedaan itu ngga berarti si anak hasil perselingkuhan lho. Munculnya golongan darah O pada anak dengan orangtua bergolongan darah A dan B bisa dijelaskan secara ilmiah kok :D

Kasus ini sebenarnya terjadi padaku sendiri. Ayahku golongan darah A dan ibuku golongan darah B, sedangkan aku bergolongan darah O. Awal-awal tau sebenarnya bikin kaget juga. Lah kok bisa jadi O sih?
Klo jadi AB kan wajar lah, tapi klo O datangnya dari mana coba?
Jangan-jangan aku anak yang tertukar?

Hehe mari kita lihat tabel dibawah ini :

Sumber : Image

Nah dari tabel diatas dapat kita pahami, orangtua dengan golongan darah A dan B, kemungkinannya tidak saja menurunkan kepada anaknya golongan darah A, B atau AB, tapi memungkinkan anaknya mempunyai golongan darah O.

Pertanyaannya... mengapa?

Pada golongan darah ada istilah yang namanya :

Heterozigot, yaitu genotip yang mempunyai 2 alel berbeda. Misalnya AO maka dominan terhadap A, jadi termasuk golongan darah A. Jika BO maka termasuk golongan darah B.

Homozigot, yaitu genotip yang mempunyai 2 alel yang sama. Misalnya AA maka termasuk golongan darah A, selanjutnya BB maka masuk golongan darah B.

Teori golongan darah menyimpulkan bahwa orang tua golongan darah O dan O maka anaknya akan bergolongan darah O juga. Hal ini dikarenakan golongan darah O bersifat homozigot ( memiliki gen O saja).

Lain halnya dengan golongan darah A dan B yang bersifat heterozigot yaitu dalam 1 golongan darah membawa gen A dan gen O (golongan darah A) atau gen B dan gen O (golongan darah B) sehingga ada kemungkinan anak dari orang tua yang bergolongan darah A/B berpasangan dengan A/B memiliki anak bergolongan darah O.

Dah jelas kan ya?

Hal ini perlu diketahui lho biar dimasa depan tidak terjadi kesalahpahaman pasangan. Jangan dikira pasangan selingkuh. Tapi memang seperti itu lah adanya :)

-----------------------------------------------

Sumber : 1 2

0 comments:

Post a Comment