Monday, September 7, 2015

Sleep Tidy, Aylan


Beberapa waktu yang lalu, warga dunia kembali geger setelah foto seorang anak meninggal di pesisir Semenanjung Bodrum, Turki, beredar luas di media dan internet. Aylan Kurdi, adalah nama dari anak tersebut. Bocah berumur tak kurang dari 3 tahun tersebut menambah daftar anak-anak yang menjadi korban kekejaman perang. Anak kecil asal Suriah ini harus meninggalkan dunia walau sebenarnya dalam usianya tersebut, dia tak tahu apa yang sebenarnya terjadi ditengah kacaunya dunia saat ini.

Awalnya Aylan bersama kedua orang tua dan saudara laki-lakinya, Galip, berencana berangkat ke Yunani guna menghindari konflik peperangan yang tengah berkecamuk di daerah asalnya. Sebelum mereka menuju ke Yunani, mereka terlebih dahulu ke Turki sebelum akhirnya menuju ke Yunani dengan menggunakan kapal laut. Aylan Kurdi yang lahir ketika perang di Suriah pecah pun tak lupa mereka bawa.


Aylan (kiri) berfoto bersama dengan saudaranya (cnn.com)

Diperjalanan menuju Yunani tersebut, kapal yang mereka tumpangi dihantam oleh gelombang hebat. Sang kapten kapal selaku orang yang harusnya paling paham terhadap permasalahan di laut malah panik dan terjun ke laut menyelamatkan dirinya sendiri, meninggalkan puluhan orang di kapal sendirian. Abdullah, ayah dari Aylan, mencoba mengambil alih kemudi kapal. Sayang, gelombang yang menerjang terlalu ganas sehingga kapal yang mereka tumpangi terbalik.

Abdullah dan istrinya berhasil selamat, akan tetapi Aylan dan saudaranya lepas dari genggaman tangan mereka. Dalam suasana yang mencekam tersebut, semua orang menjerit. Tak terkecuali ibu Aylan, dia berteriak sekeras-kerasnya, mencoba mencari suara kecil sang anak yang hilang ditengah gelapnya malam. Tapi kedua bersaudara tersebut tak diketemukan, sampai pada akhirnya, pada tanggal 2 September, Aylan ditemukan dipinggir pantai......... dalam keadaan tak bernyawa.


Sumber : msnbc.com

Foto ini pertama kali dipublikasikan oleh media Turki. Siapapun yang melihat foto ini pastilah terhenyak, sebagian mengutuk atas perang yang menyebabkan tragedi ini, dan tak sedikit yang menitikkan air matanya. Netizen yang turut berduka cita atas kejadian yang menimpa Aylan ini mempopulerkan tagar #KiyiyaVuranInsanlik dan menjadi trending topic di Twitter.

Sleep Well, Aylan...
Sleep Tidy...

We love you...
Allah loves you...


-------------------------------------------------

Sumber : 1 2 3   

Baca Juga : Kumpulan Foto Perang Paling Dramatis 

0 comments:

Post a Comment