Friday, May 6, 2016

Taman Generalife - Bunga Sejarah Islam di Negeri Matador


Selama berabad-abad, Islam telah memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan besar dunia. Banyak disiplin ilmu yang berkembang dan mencapai puncak keemasannya dimasa-masa kekuasaan Khilafah Islamiyah. Banyak pula pencapaian yang pada saat itu dianggap mustahil telah berhasil diwujudkan oleh Kaum Muslim. Tak terkecuali dalam bidang ilmu arsitektur.

Berbicara tentang ilmu dan seni arsitektur Islam, ada yang spesial dari berbagai bangunan arsitektur yang pernah dibangun. Arsitektur Islam banyak dipengaruhi oleh kepercayaan dan ajaran Islam. Penggambaran surga yang terdapat dalam Al-Qur'an sedikit banyak mempengaruhi daya imajinasi para arsitek Muslim dalam membangun rancangannya. Oleh karenanya tak heran apabila arsitektur Islam mempunyai ciri khas yang berbeda dengan arsitektur Eropa.

Dari sekian banyak arsitektur Islam, salah satu yang paling terkenal adalah Taman Generalife yang berada di Granada, Spanyol.


Generalife berasal dari Bahasa Arab dan sebenarnya berasal dari kata "Jannat al Arif" atau Taman Arsitektur. Taman ini berlokasi di dekat Al Hambra, yaitu nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah dari kekhalifahan Bani Umayyah yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya. Al Hambra sendiri kini telah dilindungi sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO 


Dibangun pada abad ke-13 dan didekorasi ulang oleh Sultan Abu al-Walid Ismail (1313-1324 M), cucu dari Muhammad II, Generalife merupakan tempat bersantai bagi Sultan-Sultan Granada ketika mereka ingin keluar dari kesibukan pekerjaan di istana. Taman ini berisi bunga-bunga indah, buah-buahan, bahkan sayur-sayuran yang beraneka ragam. Dekorasi taman serta pancuran air dari kolam pancuran membuat suasana damai menjadi sangat kental didalam taman ini.



Saat ini Generalife dibentuk dari 2 grup bangunan yang dihubungkan dengan Patio de la Acequia (Patio of the Irrigation Ditch). Patio atau taman di tengah istana ini merupakan bagian paling penting Generalife. Dengan panjang 48.70 meter dan lebar 12.80 meter, letak keindahan Generalife berpusat disini.   
 

So, bagaimana sahabat?
Mau menelurusi jejak kejayaan Islam sembari refleksi di salah satu taman terindah di dunia?
Taman Generalife selalu menjadi pilihan teratas untuk kita kunjungi :)

-----------------------------------------------

Sumber : 1 2

0 comments:

Post a Comment