Monday, July 10, 2017

Review Film - Rush (2013)


Anda bukan penggemar F1? Anda merasa F1 adalah olahraga yang membosankan?
Well mungkin film ini akan mengubah pandangan anda (seperti aku) terhadap olahraga balap-balapan ini.

Film yang disutradarai Ron Howard (Beautifull Mind, Da Vinci Code) ini berdasarkan kisah nyata tentang persaingan antar 2 pembalap F1 era 70'an. Dengan diperankan oleh aktor kenamaan Chris Hemsworth dan Daniel Bruhl, anda akan sangat rugi bila melewatkan film.

James Hunt (diperankan Chris Hemsworth) dan Niki Lauda (Daniel Bruhl) adalah 2 pembalap pemula yang baru saja menjajaki kerasnya persaingan di kompetisi teratas balap mobil F1. Menariknya adalah mereka mencapai puncak dengan cara yang berbeda. James Hunt yang egois, playboy, suka hura-hura dan seringkali ceroboh, harus mengawali karirnya dari bawah hingga akhirnya bisa berlaga di F1.


Sebaliknya Niki Lauda merupakan karakter yang sangat berbeda dari Hunt. Dia jenius, sangat hati-hati, fokus, walau harus diakui juga karakternya keras dan tidak peduli dengan sosialnya. Bedanya dengan Hunt, si Lauda ini tak perlu susah payah merangkak dari bawah karena dengan uangnya, dia bisa membeli sendiri tim F1-nya.



Film ini menurutku sendiri, menjadi film terbaik dengan tema olahraga (dan balap-balapan) yang pernah ku tonton.

Dan ini lah alasannya :

1. Cast yang perfect. Bahkan sosok Niki Lauda yang asli sampai berujar "Gile, dia (Daniel Bruhl) benar-benar mirip aku"

2. Akting yang memukau dari pemainnya. Kalian akan hanyut dalam karakter masing-masing pemainnya dan tanpa sadar akan memilih salah satu yang kalian disukai diantara keduanya.

3. Soundtrack yang sangat pas dan superrrr. Thank to Hans Zimmer.



4. Alur yang mengalir dan fokus pada kisah persaingan dua pembalap ini. Drama cintanya memang ada, tapi dengan kadar yang pas. Sehingga tidak mengurangi esensi dari kisah utamanya.

5. Pelajaran hidup yang terkandung dalam film ini. "Musuh yang hebat lebih berguna daripada teman yang bodoh"

Dan masih banyak lagi....

Tapi satu hal yang menjadi luar biasa dalam film ini adalah bagaimana sang sutradara dengan apik menggambarkan bagaimana olahraga F1 ini dahulu adalah olahraga yang penuh resiko. Begitu banyak kecelakaan dan korban jiwa yang terjadi ketika gelaran balapan ini dilaksanakan.Sungguh berbeda dengan sekarang dimana keselamatan menjadi hal wajib yang harus dipenuhi oleh setiap tim.

Film ini diakhiri dengan ending yang memukau. Sedikit dramatis memang, tapi kisah legendaris persaingan James Hunt dan Niki Lauda ini memang harus berakhir. Kisah tentang 2 sahabat yang disangka semua orang saling bermusuhan, akan tetapi sebenarnya mereka berdualah orang yang paling memahami satu sama lain.

Sekian.

0 comments:

Post a Comment