Monday, August 3, 2015

Species Anggrek Dengan Bentuk Terunik


Alam tak pernah kehabisan "ide" dalam berkreasi. Sebagai salah satu ciptaan Allah SWT, alam selalu memberikan kejutan kepada manusia, yang bertugas sebagai khalifah dimuka bumi. Salah satu keindahan dari alam yang tiada bandingnya adalah anggrek.

Anggrek sendiri merupakan tumbuhan berbunga yang memiliki corak dan warna yang beragam. Jenis tumbuhan ini pun sangat banyak dan dapat tumbuh dengan subur di daerah tropis. Maka tak heran anggres menjadi salah satu primadona dalam tumbuhan hias.

Kali ini aku bagikan kumpulan spesies anggrek dengan bentuk terunik. Semoga dengan ini kita semakin menyayangi alam, paling tidak yang ada disekitar kita, agar para anak cucu kita kelak tak hanya melihat keindahan anggrek ini lewat foto kenangan saja.

So, check it...

1. Monkey Face Orchid (Dracula simia)


Apa yang Sahabat bayangkan ketika melihat bunga ini?
Monyet? Hehe...
Betul, hampir semua orang akan membayangkan muka monyet ketika melihatnya, makanya tak heran bila spesies anggrek ini dinamakan simia yang berarti monyet. Bunga ini juga beraroma yang ketika mekar mengeluarkan bau seperti jeruk.

Sempat membuat heboh ketika pertama kali booming di tahun 2013 karena dikira hasil editan sotosop, bunga ini ternyata memang benar benar ada. Spesies anggrek ini bisa ditemukan di Ekuador dan Peru dan kalian dapat menemukannya tumbuh didaerah pegunungan yang berkisar 1000-2000 meter dari permukaan laut.

2. Bee Orchid (Ophrys apifera)


Struktur bunga ini memang terlihat seperti lebah, atau lebih tepatnya seperti bentuk tubuh lebah betina. Dan ini bukan suatu kebetulan lho, karena memang tujuannya adalah untuk menarik laki-laki hidung belang para lebah jantan untuk mendekat. Saat mendekati bunga tersebut, sang lebah jantan mengira ia bakal kawin padahal yang terjadi adalah mereka ditipu karena sebenarnya mereka sedang membantu si bunga ini dalam proses penyerbukan.

Sangat cerdik bukan?
Dan aku pun turut bersimpati kepada lebah-lebah jomblo yang ketipu :D

3. Pink Moth Orchid (Phalaenopsis)


Bila kita perhatikan secara seksama maka kita akan melihat figure seekor burung ditengah bunga ini. Makanya aku agak heran kenapa bunga ini diberi nama Moth (ngengat), kenapa ngga Bird (burung)?

Berbeda dengan Bee Orchid yang bentuknya seperti lebah betina untuk menarik lebah jantan, bentuk seperti kepala burung kecil belum diketahui fungsinya. Apakah cuma kebetulan atau ada tujuan tertentu karena bentuk kepala burung itu juga terdapat nektar.
Entahlah...

4. White Egret Orchid (Habenaria radiata)


White Egret yang berarti Bangau Putih.
Hmmm... lagi-lagi aku ngerasa janggal, bukankah bunga ini lebih terlihat seperti merpati putih atau angsa putih?

Yah apapun namanya, sesuai atau tidak dengan bentuk, bunga tetaplah terlihat menakjubkan dan sekaligus terlihat sangat anggun. Sayangnya kita akan kesulitan menemukannya di Indonesia karena bunga ini endemik di China, Jepang dan Korea. Bahkan katanya bunga ini juga bisa ditemukan di Rusia.

5. Holy Ghost Orchid (Peristeria elata)


Holy Ghost bukan berarti artinya Hantu-Yang-Alim ya :D
Translate yang lain bisa berarti Roh Kudus, jadi aku ga akan protes kali ini dengan penamaannya.

Keunikan bunga ini ada diletak kelopak bunganya yang terlihat seperti ada seekor merpati kecil yang bersembunyi didalamnya. Habitat bunga tersebar cukup luas di dunia, dan beruntungnya Indonesia salah satunya.
Horrrayyy...

6. Flying Duck Orchid (Caleana major)


Mungkin cukup ngerti ya kenapa dinamakan Bebek Terbang :D
Bentuknya memang benar-benar mirip dengan seekor bebek berwarna hitam yang sedang mencoba terbang.

Sayangnya bunga ini hanya ada di Australia. Sangat sulit untuk mengembangbiakkan bunga ini karena akar bunga ini tersambung dengan vegetatif jamur yang hanya ditemukan tumbuh secara liar di Australia bagian timur dan selatan.
Bukankah semakin sulit untuk ditanam semakin membuatnya terasa spesial?

7. Hanging Naked Man Orchid


Hmmm... Oke...
Baiklah....
Anggrek ini terlihat seperti........................

Ah no comment...
:v 

--------------------------------------------------------------------------------
 
Sumber

Baca Juga:
Bunga Cantik Tapi Beracun

0 comments:

Post a Comment