Friday, March 18, 2016

Kisah Syekh Hasan Al-Bashri Bertaubat Kepada Allah


Syekh Hasan Al-Bashri adalah salah satu kekasih Allah yang terkenal ta’at dan bertaqwa, beliau adalah ulama yang terkenal di zamannya. Kisah berikut akan menceritakan sebab beliau bertaubat dan kembali ke jalan Allah SWT.


Ketika masih muda beliau adalah seorang pemuda yang tampan. Beliau suka mengenakan pakaian-pakaian yang mewah dan bagus, dan berkeliling kota Basroh. Pada suatu hari ketika beliau berjalan mengelilingi kota, beliau bertemu dengan seorang wanita yang cantik. 



Beliau mengikuti wanita itu dari belakang dan menoleh (melirik) kepadanya. Kemudian wanita itu berkata “Apa kamu tidak malu ?”.

Beliau segera bertanya “Kepada siapa ?”, lalu wanita itu menjawab “Pada seorang yang mengetahui apa yang ada dalam pandangan dan hati”.



Meskipun demikian, Syekh Hasan Al-Bashri tidak menghiraukannya. Beliau tak kuasa dan tak dapat menahan diri, beliau merasa tertarik pada wanita itu dan mengikuti sampai kerumahnya. 

Wanita itu bertanya kembali “Untuk apa engkau datang kesini ?”, beliau menjawab “Aku telah tertipu oleh keindahan sayup matamu”. Kemudian wanita itu berkata “Duduklah disini, aku akan memberikan apa yang kau inginkan”.
Syekh Hasan Al-Bashri jatuh cinta pada wanita itu dan menyangka bahwa wanita itu akan membalas rasa ketertarikan beliau. Saat beliau sedang duduk, datanglah utusan wanita tersebut dengan membawa sebuah wadah makanan yang tertutup kain dan memberikan wadah itu kepada beliau. Kemudian beliau membukanya, ternyata didalam wadah tersebut bukanlah makanan melainkan dua mata yang telah tercongkel.

Utusan itu berkata “Tuanku mengatakan “aku tidak ingin mata ini menjadikan fitnah atas seseorang”.

Ketika mendengar pesan tersebut, beliau sadar bahwa wanita tersebut telah mencongkel matanya sendiri. Badan beliau gemetar, disaat itu pula beliau pulang kerumah dengan beribu penyesalan hati. Beliau bertaubat dan menangis tersedu-sedu pada malam harinya. Pada keesokan hari, beliau pergi kerumah wanita tersebut untuk memohon maaf. 

Sesampai dirumah wanita tersebut, beliau melihat rumahnya tertutup dan menanyakannya pada tetangga rumah. Mereka mengatakan bahwa wanita pemilik rumah itu telah meninggal dunia, akhirnya beliau kembali ke rumah beliau. Dengan penuh penyesalan dan perasaan bersalah, beliau menangis selama 3 hari. 

Pada malam ketiga hari itu, beliau bermimpi bertemu dengan wanita tersebut. Wanita itu duduk di dalam surga. Kemudian beliau berkata “Aku minta maaf dan memohon halal atas semua perlakuanku padamu”. 

Wanita itu menjawab “Aku telah memaafkanmu, sesungguhnya aku telah memperoleh kebaikan yang besar dari Allah karenamu”. Beliau pun bertanya kembali “Lalu berilah aku nasehat ?”, wanita itu menjawab “Saat engkau sendiri, ingatlah Allah. Saat pagi dan sore memohonlah ampun dan bertaubatlah pada-Nya”.

Syekh Hasan Al-Bashri memegang dan mengamalkan nasehat wanita tersebut. Beliau memulai bertaubat, meninggalkan semua harta mewahnya, dan menuju jalan shufi. Hingga akhirnya beliau menjadi ulama’ yang terkenal ta’at dan taqwa pada zamannya, memangku majlis thoriqot dan memiliki banyak santri yang mengikutinya. Ya, beliau memperoleh derajat tinggi di hadapan Allah sebagai salah satu kekasih-Nya.

Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari buruknya akhlak kita
 -----------------------------------------------------------------------

0 comments:

Post a Comment