Sunday, March 27, 2016

Roma Atau Paris? Tetap Kandangan Yang Termanis


....Roma atau Paris....
....Indah Kandangan Kotaku Manis....

Penggalan bait puisi karangan D. Zauhidhie ini sedikit banyak memuji dan membangga-banggakan Kandangan sebagai sebuah kota. Tidak menghiperbolakan tapi memang bila kita telusuri secara mendalam, Kandangan adalah kota sederhana yang eloknya bisa disejajarkan dengan indahnya Roma atau Paris.

Kandangan, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan, adalah salah satu kota berkembang di Kalimantan Selatan yang menjadi wadah transit bagi orang Hulu Sungai yang ingin ke Banjar dan sebaliknya. Kota yang dikenal dengan dodol dan ketupatnya ini juga kota yang sangat kental nuansa sejarah.

Tahukah sahabat bahwa dikota inilah api-api perjuangan pasca kemerdekaan berkobar disini?
Brigjen H. Hasan Basry, nama orang inilah yang memimpin rakyat Kalimantan Selatan dalam mengusir antek-antek penjajah pada tanggal 17 Mei 1949 silam dan membuat Kalsel menjadi bagian wilayah Indonesia. Kandangan lah pusat perjuangan itu sehingga cecurut-cecurut penjajah itu bisa diusir selamanya dari bumi Kalimantan.

Kini kota yang beliau perjuangkan telah berkembang. Kandangan sekarang elok dengan segala kebudayaannya. Ibukota dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang telah berumur 65 tahun ini telah tumbuh bersama masyarakatnya dan dengan keindahan alamnya.

Dan sebagai putra asli Kandangan, izinkan aku memperkenalkan indahnya pesona Kota Kandangan dalam video ini.

So cekidot :)


Btw kayak pernah liat talent-nya dimana gitu :D

--- best regards untuk tim Indonesia Bagus Net. TV ---

0 comments:

Post a Comment