Wednesday, July 20, 2016

Keanggunan Pakaian Tradisional Dari Berbagai Belahan Dunia


Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki keragaman budaya, bahasa serta baju adat. Wilayahnya yang luas dan berpencar ratusan pulau di sekelilingnya telah menyumbang kekayaan tersendiri bagi negerinya. Karena itulah Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan kultur dan budaya oleh masyarakat dunia. Selain tutur dan perilakunya yang ramah kepada siapa saja orang asing yang berkunjung, masyarakat Indonesia juga terkenal dengan cara berpakaiannya yang penuh kesantunan dan keanggunan.

Bisa kita lihat dari wilayah Sabang sampai Merauke semuanya memiliki khasanah baju tradisional yang sangat beraneka. Tiap provinsi memiliki ciri khas tersendiri untuk menonjolkan identitas daerahnya. Bahkan dalam satu provinsi juga terdapat lebih dari satu baju tradisional. Namun, hal ini tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Negara-negara lain di dunia juga memiliki baju tradisional khasnya masing-masing. Penasarankah sahabat dengan negara mana saja yang memiliki baju tradisional unik? Berikut Keanggunan Pakaian Tradisional Dari Berbagai Belahan Dunia

1. Sari India


Mungkin bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat dunia mengenai Sari. Apalagi bagi sahabat-sahabat yang suka nonton film Bollywood era 90'an. Baju tradisional ini seolah menunjukkan jati diri nasionalisme warga India. Sari tidak hanya dipakai wanita India yang bermukim di negara India saja, warga India ataupun keturunan India yang tinggal di negara lain juga seolah tidak pernah lepas dari pakaian tradisional negaranya. Baju tradisional ini tidak hanya dipakai di upacara adat, ibadah atau acara resmi saja karena Sari telah mampu beradaptasi dengan modernitas sehingga tidak akan membuat siapapun yang memakainya ketinggalan zaman.

2. Ao Dai Vietnam


Baju tradisional yang berasal dari Vietnam ini memang sepertinya masih kurang begitu populer di telinga kita, akan tetapi model baju tradisional ini terlihat sangat anggun dan memancarkan kecantikan wanita Vietnam. Ao Dai sendiri di Vietnam biasanya dipakai untuk menyebut pakaian yang sudah lama tidak pakai, akan tetapi sejak tahun 1993 hingga sekarang baju tradisional ini mampu meraih kepopulerannya kembali. Baju ini biasanya dipakai oleh wanita Vietnam dalam upacara pernikahan, kematian atau perayaan seperti Imlek. Baju tradisional yang berbahan kain sutera ini dibuat menjadi lebih ketat dibandingkan dulu dan memakainya dikombinasikan dengan celana pantalon khas Vietnam juga. Dengan karakteristik wajah yang dimiliki wanita Vietnam tentu saja menambah keanggunan ketika memakai Ao Dai ini. 

3. Kaftan Maroko


Tahukah sahabat bahwa baju yang beberapa tahun kebelakang ini sedang populer di Indonesia yakni Kaftan merupakan baju tradisional yang berasal dari negara Maroko. Ya benar, Kaftan memang hasil baju tradisional yang ternyata zaman dahulu tidak hanya dipakai oleh wanita saja namun juga pria. Bahkan ketika Kekhilafahan Ottoman masih berjaya di Turki, Kaftan menjadi baju yang paling mahal dan hanya digunakan oleh kalangan bangsawan saja. Di era fashion modern sekarang, Kaftan tak hanya dianggap sebagai baju khusus Muslim saja namun sudah berubah menjadi baju tradisional yang dapat dipadu padankan dengan tren mode sehingga cocok dipakai dalam acara-acara bergengsi.

4. Kimono Jepang



Inilah baju tradisional paling terkenal di dunia. Kimono secara harfiah berarti baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang). Pada zaman sekarang, Kimono berbentuk seperti huruf "T", mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Pemakaian Kimono sendiri di negara asalnya Jepang, lebih sering dipakai pada event atau festival tertentu saja, seperti hari raya misalnya. Akan tetapi Kimono juga bisa dipakai pada acara pesta/non formal. Yup ini tergantung bagaimana sahabat memakai pakaian tradisional yang ternyata cukup ribet cara pakainya ini.

5. Qipao/Congsam China


Salah satu jenis pakaian tradisional negeri Tiongkok. Nama sebenarnya adalah Congsam tetapi penamaan Qipao ternyata lebih dikenal oleh publik. Qipao sendiri sebenarnya baru marak pada tahun 1925 terutama di Shanghai dan banyak dipengaruhi oleh arus westernisasi. Dulu Qipao banyak dipakai oleh kalangan bangsawan dan hingga kini dipakai hanya pada saat pesta-pesta dan perayaan besar saja. Pakaian ini dicirikan oleh kerah berdiri, membuka sisi kanan, pas di pinggang sehingga membuat keindahan bentuk tubuh perempuan lebih terlihat.
 
6. Kebaya Indonesia


Untuk yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di tengah masyarakat Indonesia. Kebaya adalah salah satu baju tradisional yang hingga saat ini bertahan di tengah tren busana mancanegara. Kebaya hadir mulai zaman kerajaan Majapahit dan dikenakan tidak hanya untuk kalangan bangsawan namun juga rakyat jelata. Jika baju-baju tradisional dari negara lain lebih banyak berupa gaun lain halnya dengan kebaya yang berupa baju atasan saja. Kebaya juga memiliki filosofi tersendiri bagi siapapun yang menggunakannya. Selain memancarkan keanggunan dan kesantunan khas wanita Indonesia, kebaya juga mampu mencerminkan pribadi si pemakainya. Kebaya biasanya sering digunakan di acara pernikahan atau upacara adat kedaerahan

7. Sasirangan Indonesia


Well, Indonesia bukan cuma punya Kebaya. Setiap provinsi mungkin punya pakaian tradisionalnya sendiri. Dan kali ini izinkan aku mengenalkan kepada sahabat semua pakaian tradisional asal daerahku, Sasirangan.
Sasirangan adalah kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Kekhasan dari kain ini didapat dari proses pewarnaan rintang dengan menggunakan bahan perintang seperti tali, benang atau sejenisnya menurut corak-corak tertentu. Ada kurang lebih 16 motif kain Sasirangan lho guys. Dan jangan salah, walaupun ini pakaian tradisional, tetapi Sasirangan sudah bersentuhan dengan tren modern sehingga bila sahabat berkesempatan jalan-jalan ke Kalimantan Selatan, maka sahabat ga akan heran bila sahabat melihat masyarakatnya baik yang muda maupun yang tua, baik itu mau ke kondangan ataupun ke pasar, mereka semua memakai Sasirangan.
Sasirangan juga sudah mendunia lho guys, jadi sayang banget klo kalian ke Kalimantan Selatan tanpa membawa oleh-oleh kain Sasirangan :D

--------------------------------------

Nah itulah 7 Pakaian Tradisional yang tampilannya begitu anggun. 
Yang mana favorit sahabat?
Jawab di kolom komentar ya :'D  
 
Sumber : 1 2  

0 comments:

Post a Comment