Saturday, September 2, 2017

Review Comic - Cage of Eden


Status : Tamat
Warning : Spoiler sedang

Jujur, awalnya cuma iseng doang baca manga ini. Tapi ternyata plotnya benar-benar intens, artwork-nya berkualitas dan detailnya pun juga bagus. Mungkin ini pertama kalinya aku menamatkan membaca manga hanya dengan sekali duduk!!!

Cage of Eden mengisahkan tentang Akira Sengoku dan teman-teman SMA-nya yang terdampar disuatu pulau antah berantah setelah pesawat yang mereka tumpangi sehabis studi tur mengalami kecelakaan dan jatuh. Sengoku yang berhasil selamat kemudian mencari teman-temannya yang terpencar diberbagai penjuru pulau. Ditengah pencariannya itu, Sengoku menemukan fakta yang takkan bisa dia nalar, pulau tempat pesawatnya itu terdampar dihuni oleh binatang-binatang yang seharusnya sudah punah ratusan ribu bahkan jutaan tahun yang lalu.



Sengoku bersama teman-temanya pun tidak lagi hanya sekedar mencari cara agar bisa keluar dari pulau itu, tetapi kemudian bersama-sama mencoba menyibak tabir misteri dari apa yang mereka alami selama ini. Tapi ditengah usahanya tersebut, masalah demi masalah selalu muncul. Baik dari para makhluk buas maupun dari sesama penumpang "gila" yang eksistensinya tidak ingin diganggu.

 
(Bukan saja didarat, musuh juga datang dari atas)

Mereka juga harus menghadapi sosok pembunuh yang misterius yang berada diantara penumpang yang selamat, menghadapi orang-orang yang merasa mempunyai kekuasaan dan bersikap otoriter terhadap sesama, dan juga mereka harus berhasil survive dari penyakit-penyakit yang setiap saat mengancam. Pada intinya, tidak ada tempat yang aman di pulau ini. Mereka harus bisa kembali ketempat asal mereka.

(Para psikopat malah muncul disaat-saat seperti ini)

Tapi yang membuat aku tertarik untuk membaca terus menerus, chapter per chapter dari manga ini, bukan konfliknya tapi misterinya.

Ada dimana mereka?
Mengapa binatang yang harusnya punah malah eksis di pulau ini?
Bagaimana cara mereka keluar dari pulau ini?

Juga tempat-tempat dan artefak misterius yang mereka temukan disepanjang perjalananan mereka akan menambah satu pertanyaan lagi, apa sebenarnya yang terjadi di pulau misterius ini?


----------------------------------------

Cage of Eden sebenarnya mempunyai potensi menjadi salah satu manga petualangan dan misteri terbaik. Manga ini mempunyai semuanya. Bukan saja kualitas gambar tapi juga kualitas alur cerita yang menegangkan, ditambah juga misteri-misteri yang selalu muncul. Kita sebagai pembaca pastilah menerka-nerka apa yang sedang terjadi dari potongan-potongan puzzle di setiap chapter-nya dan berharap pada akhirnya, tirai misteri yang menyelimuti kisah di manga ini kemudian terbuka.

Tapi sayangnya, apa yang kita harapkan tidak terjadi. Cerita misteri yang dibangun sejak awal chapter harus rusak karena ending yang begitu mengecewakan dan menyisakan plothole yang tak terjawab. Kesan terburu-buru sangat terlihat sehingga manga ini mengalami akhir yang tidak jelas.

Ini ditambah dengan fans service yang tidak perlu dan berhamburan disana sini.

Sayang sekali memang, padahal potensi manga ini sangat besar.

Tapi tentu manga ini sangat bagus untuk dibaca dan sangat sayang apabila dilewatkan. Aku sangat menyarankan untuk membacanya, bukan saja karena bagusnya kualitas manga ini tapi lebih kepada agar kalian juga merasakan sensasi membaca horrible ending sama seperti yang aku rasakan. Huahahahaha.

0 comments:

Post a Comment