Monday, July 20, 2015

Cantik Sih Tapi Sayang Racun!!!


Fisiknya cantik...
Kadang ada juga yang imut...
Klo dilihat ngademin...
Dari dekat bau wewangian tercium...
Saking indahnya membuat kita ingin memegangnya...

Tapi..... Beracun!!!

Ya jangan nilai sesuatu dari tampilan luarnya. Alam begitu banyak menyimpan sesuatu yang misterius dan penuh keanehan. Bahkan untuk bunga sekalipun. Cantik bukan berarti dia bisa dipegang seenaknya, karena tak jarang di banyak tempat berlaku peraturan, semakin cantik maka semakin kau harus waspada.
Beautifull but deathly.

Berikut beberapa bunga yang walaupun terlihat cantik tapi sesungguhnya beracun. Jadi ingat Sahabat, jangan sekali-kali menjadikan sebagai hadiah untuk kekasih. Bukannya senang, malah bisa-bisa ntar modar :D

So, check this out...

1. Autum Crocus 



Warna ungunya begitu sedap dipandang tapi sayangnya Autum Crocus merupakan salah satu tanaman paling beracun di dunia. Bunga ini mengandung Colchicine yang dapat menghambat pembelahan sel. Keracunan tanaman ini dapat mengakibatkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung. Hati-hati terhadap tanaman ini karena Colchicine sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

2. Lily of the Valley


 

Terlihat tidak berbahaya, warna dan bentuk yang indah serta aroma yang wangi. Bunga yang berbentuk lonceng ini dikenal juga sebagai bunganya musim semi dan seringkali menjadi lambang dari kesucian. Tapi dibalik segala kelebihannya, ternyata bunga ini memiliki satu kekurangan yang sangat fatal. Lily of the Valley mengandung Convallatoxin, yaitu racun yang dapat mengakibatkan disfungsi jantung.

3. Angel's Trumpet



Terumpet Malaikat. Begitu indah namanya. Tapi ternyata tanaman ini mengandung zat Tropane Alkaloids yang merupakan zat halusinogen yang sangat kuat. Bukan saja berbahaya bagi manusia, bunga ini juga berbahaya terhadap hewan yang tidak sengaja memakannya.


4. Nerium Oleander



Tahukah Sahabat, pasca bom atom yang menghancurkan kota Hiroshima, inilah bunga yang pertama kali mekar di kota tersebut?
Nerium Oleander pun kini secara resmi digunakan sebagai bunga resmi kota Hiroshima.
Tapi dibalik semua itu ternyata bunga ini mengandung senyawa racun kategori Oleandrin dan Neriine yang dapat mengakibatkan kematian. Bahkan di selatan India, bunga ini sering digunakan sebagai media bunuh diri. Selain itu, getah dari tanaman ini juga dapat mengakibatkan kebutaan bila terkena mata.

5. Daphne



Dikenal juga dengan nama Lady Laurel atau tanaman surga. Walaupun mempunyai nama seindah itu, tanaman ini ternyata mengandung racun, terutama pada getah dan buahnya. Daphne mengandung Mezerine dan Daphin yang merupakan racun kuat sehingga dapat mengakibatkan sakit perut parah, sakit kepala dan kegilaan. Konsumsi berlebihan terhadap buahnya malah dapat mengakibatkan koma dan kematian

6. Belladona



Ini bunga ada hubungannya sama Madonna apalagi Maradona :D
Bunga yang juga disebut Deadly Nightshade ini mengandung Tropane Alkoids pada seluruh bagian tubuhnya. Seperti disebutkan sebelumnya, zat ini adalah zat halusinogen yang bisa menyebabkan halusinasi parah bahkan sampai kegilaan. Bagian yang paling berbahaya dari tanaman ini terletak pada buahnya yang terlihat bisa dimakan dan terasa enak. Padahal buahnya sangat beracun dan sangat berbahaya terutama bagi anak-anak. Selain itu, dalam bunganya juga terkandung Atropine yang dapat mengganggu sistem syaraf, gangguan pernapasan, berkeringat dan meningkatkan detak jantung.

7. Rhododendron



Bunga musim gugur ini ketika mekar sungguh indah dilihat. Dengan kelopak yang berwarna pink, bunga Rhododendron terlihat sama sekali tidak berbahaya. Bunga ini dibalik kecantikannya ternyata tersembunyi Andromedatoxin yaitu sejenis racun yang dapat menyebabkan muntah, rasa sakit yang hebat, kejang-kejang, bahkan sampai dapat menyebabkan kematian. Dalam sebuah rekaman diceritakan, dulu sejumlah pasukan Inggris pernah berprilaku aneh disebabkan memakan madu dari bunga ini.
Waduh, madu dan racun donk judulnya. 

8. Milkweeds


Warnanya yang ungu membuat bunga ini terlihat sangat imut. Namun sayangnya bunga yang juga disebut Asclepias ini ternyata mengandung racun yang dapat menyebabkan kematian. Getah dari bunga ini mengandung suatu senyawa yang disebut Alkaloid dan Cardenoloid. Meski kedua senyawa tersebut sering digunakan sebagai bahan obat, namun jika digunakan secara salah maka justru akan menjadi racun. Dulu, orang Amerika Selatan dan Afrika memakai getah bunga ini di ujung panah sebagai racun ketika memanah hewan buruan. 

9.  Ranunculus


Bunga yang juga dikenal dengan nama Buttercup ini terlihat seperti mawar tapi sebenarnya tidak termasuk dalam famili bunga mawar. Kecantikannya bunga ini pun membuatnya sering digunakan sebagai bunga hias. Namun tetap saja bunga ini harus mendapatkan pengawasan yang ketat karena apabila tidak sengaja dimakan manusia ataupun hewan, bisa menyebabkan kematian. Dalam kasus yang tidak terlalu parah, Ranunculus bisa menyebabkan diare darah, air liur berlebih dan sakit perut parah.
Hmmmm bunga yang sangat cocok diberikan kepada mantan :v

10. Daffodils



Bunga yang berasal dari daratan Mediterania ini sering juga disebut sebagai bunga Maret. Dan tahukah sahabat klo Daffodil tergolong dari varietas bunga Narcissus? Haha mungkin gara-gara sering foto selfiie makanya dinamakan gitu.
Bunga yang banyak negara menjadikannya sebagai bunga hias ini ternyata seluruh jenisnya mengandung racun. Racun tanaman ini terkandung dalam umbi dan akarnya. Apabila dimakan maka akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti muntah-muntah dan diare. Racun bunga ini juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tremor dan meningkatkan denyut jantung.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sumber : 1 2

0 comments:

Post a Comment