Monday, June 22, 2015

Fakta Unik Uang di Zimbabwe


Bayangkan Sahabat, suatu hari kalian jalan-jalan secara random mengelilingi kompleks rumah kalian dan secara tidak sengaja mata kalian mengarah kepada secarik kertas yang tergeletak ditanah. Mata tajam kalian langsung mengenali itu adalah uang. Kalian dengan penuh nafsu langsung mendekati uang itu. Wah dari kejauhan udah ketahuan itu bukan rupiah. Jangan-jangan itu dolar, atau euro kah atau poundsterling kah. Pelan-pelan kalian ambil mengambil uang yang masih terlipat itu, sedikit-sedikit kalian buka lipatan dan tertulis di uang itu kata-kata DOLAR!!!
Yang namanya rezeki ga akan kemana, kehimungan, kalian pun membuka lembaran uang itu dan betul itu adalah dolar dengan nominal one hundred trillion dollars. WHAT!?

Ternyata itu bukanlah dolar Amerika seperti yang kalian harapkan, melainkan itu adalah dolar Zimbabwe dan percayakah Sahabat bahwa nominal one hundred trillion dollars itu adalah nominal yang sedikit di negara tersebut?

Ya bila kita mempunyai uang 100 triliun pasti pikiran kalian bisa membeli rumah besar, mobil mewah, liburan keliling dunia serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya. Dengan uang sebanyak itu, mungkin harta kalian tidak akan habis sampai 7 turunan. Tetapi di negara Zimbabwe yang terletak di Benua Afrika uang sebanyak 100 triliun tidak ada artinya. Bagaimana tidak, uang sebanyak itu hanya cukup untuk membayar ongkos bus saja.

Rusaknya mata uang Zimbabwe dikarenakan adanya inflasi terparah sejak tahun 2009. Pada tahun tersebut nilai tukar 1 USD Amerika sama dengan 35 kuardilium (35.000.000.000.000.000) dollar Zimbabwe. WOW mencenangkan.

Berikut saya tampilkan fakta-fakta unik tentang uang yang beredar di Zimbabwe :

1. Seseorang Dapat Memegang Uang 100 Triliun Dolar!!!


Ciee orang kaya, orang kaya. Di dompet ada triliuran dolar :D
Nilai tukar mata uang Zimbabwe menjadi yang terburuk di dunia, oleh karenanya pihak bank terpaksa mengeluarkan uang dengan nominal yang besar.

2. Tumpukan Uang 


Berapa duit yang diperlukan untuk membeli 1 telur ayam di Zimbabwe?
Jawabnya : sekitar 30 miliar dolar!!!
Mata uang zimbabwe menjadi tidak bernilai karena bank sentral negara tersebut terus mencetak uang untuk menutupi defisit anggaran. Tak heran bila disana tumpukan uang dengan nominal "banyak nolnya" menjadi pemandangan biasa di negara tersebut.

3. Rekor Inflasi dan Cetakan Uang Terbesar


Zimbabwe saat ini pemegang rekor inflasi terbesar di dunia yaitu 2.200.000 % (2,2 juta persen!!), parahnya lagi harga-harga melambung begitu cepat hanya dalam hitungan menit bahkan detik tak heran jika karyawan toko-toko di Zimbabwe begitu sibuk mengganti label harga jika terjadi perubahan harga.
Pada tanggal 20 Juli 2008 ini bank Zimbabwe juga menerbitkan pecahan uang sebesar 100 Milyar Dollar! yang merupakan rekor pecahan uang dengan nominal terbesar di dunia.

4. Souvenir Uang Zimbabwe




Klo kalian liburan ke tempat-tempat wisata pasti kalian mencari souvenir yang unik-unik dari tempat tersebut kan. Nah, klo di Zimbabwe kalian juga bisa mencari souvenir lho, dan yang unik souvenirnya dalam bentuk uang!!!

5. Pemandangan Jual Beli Sehari-Hari

Dibeli permennya, dibeli. Murah kok cuma 60 miliar :v

Tebel banget duitnya buat seekor ayam --'

"Pak, es teh satu sama gorengan tiga, berapa jadinya pak?"
"Semuanya jadi 500 miliar bu"
"Oh bentar pak" *ngeluarin dompet
"Ok, pas ya bu duitnya. Dijual"
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sebagai citizen of earth, tentu harusnya ada rasa kasihan dan prihatin terhadap mereka. Bagaimanapun, dengan keadaan ekonomi mereka, hidup disana pasti akan sangat menyulitkan. Ya semoga saja kehidupan ekonomi saudara-saudara kita disana dapat membaik. 
Dan bersyukurlah kita yang ada di Indonesia, ekonomi kita belum tidak separah seperti yang terjadi di Zimbabwe.

Wassalam

Sumber dapat kalian temukan disini



2 comments: